Baru Tahu, Ini Alasan Kaki Kiri Pengemudi Mobil Matik Wajib Nganggur

Mengemudikan mobil matik dan manual memilik diferensi.
Pada mobil automobile, kaki kiri pengemudi harus diam alias tidak boleh menginjak pedal apa pun, termasuk rem.
Kecuali beberapa mobil yang menggunakan sistem rem tangan injak.
Lantas apa alasan dilarang memakai kaki kiri untuk menginjak pedal rem pada mobil matik?
Jusri Pulubuhu, Pendiri dan Direktur Pelatihan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), memiliki alasan khusus mengenai risiko penggunaan rem mobil matik pada kaki kiri.

"Kaki kiri saya punya reflek respons yang kuat dan cepat," kata Jusri beberapa waktu lalu.
"Fungsi dasar otomatis untuk menekan injak pedal kopling yang biasanya lebih dalam dan lebih kuat," kata GridOto, menempelkan kalimat dari GridOto.
Teknik rem pedal dari kaki kiri dianggap sulit untuk menilai perasaan pengereman.
Akibatnya, pengereman dengan rem kiri cenderung tiba-tiba dan tidak halus.
"Jika kaki kanan biasanya menekan pedal gas dengan lembut dan kuat secara bersamaan. Ketepatan dan kekuatan tugal bisa lebih terukur," katanya.
Pengereman dengan kaki kiri juga berisiko menyebabkan terjadinya injakan pedal rem dan gas secara bersamaan.
Jika dengan kaki kanan, hanya ada satu kaki yang mengoperasikan secara bersamaan dua pedal, yaitu pedal-pedal yang berbeda.
"Saat perlu reaksi cepat kemudian, ada kemungkinan pengereman tidak bisa maksimal karena tendensi Jakata pedal rem dan gas bersamaan," kata Jusri
Posting Komentar